Saturday, February 22, 2014

Seni dan Strategi Trading "Futures" : Menggunakan Konsultan

Seni dan Strategi Trading / Transaksi “Futures : Pentingnya Penasehat/ Konsultan

Ulasan kali ini saya akan membahas tentang pentingnya Penasehat dalam Strategi Trading. Sejarah sudah membuktikan banyak Raja-raja besar berhasil mencapai hal-hal besar karena memiliki Penasehat yang hebat dan jendral-jendral hebat. Fungsi Penasehat/Konsultan sangat menentukan keberhasilan Raja-raja dalam mencapai tujuannya. Misal di Cina: (1) Liu Bang berhasil mendirikan Dinasty Han karena memiliki seorang Penasehat hebat yang bernama Zhang Liang. Dengan Strategi sang Penasehat, Liu Bang berhasil mengatasi strategi lawan-lawan nya. (2) Pada jaman tiga kerajaan (Sam Kok), kerajaan Wei bisa besar karena punya ahli strategi yg bernama Chao chao. Kerajaan Wu yang dipimpin Sun Quan dengan Jendralnya yg sekaligus ahli strategi Zhou Yu menjadi kekuatan yang besar di wilayah selatan. Dan yang terakhir kerajaan Shu Han yang dipimpin Liu Bei dan lima Jendralnya , memiliki Penasehat luar biasa dan menjadi legenda. Penasehat tersebut bernama Zhuge Liang (ini adalah tokoh favorit penulis, hehehe.....). (3) di Jepang ada Oda Nobunaga yang memiliki Penasehat hebat bernama Hideyoshi. Setelah Nobunaga wafat, Hideyoshi meneruskan cita-cita Nobunaga menyatukan Jepang. Hideyoshi akhirnya bisa menyatukan Jepang dengan didampingi Penasehatnya yang bernama Hanbei. (4)di Indonesia ada kerajaan besar Majapahit yang berhasil mencapai hal-hal luar biasa karena memiliki Penasehat hebat yaitu Maha Patih gajah Mada. Dan banyak contoh-contoh lainnya tentang bagaimana pentingnya peranan seorang Penasehat/Konsultan dalam mencapai tujuan kita.


Lalu apa hubungan seorang penasehat dengan trading “Futures” ?

Sebenarnya dalam trading di futures (misal: gold, indeks saham, forex) banyak situasi yang tidak jauh berbeda dengan situasi perang antar kerajaan. Dalam perang sendiri banyak hal kompeks dan rumit seperti: planning, strategi, pertempuran, dan situasi-situasi tidak terduga lainnya. Dalam trading sendiri juga akan ditemui hal-hal seperti tersebut di atas, walaupun situasinya tidak serumit perang sesungguhnya. Dan yang paling penting adalah ketika pelaku transaksi mengalami situasi tak terduga dan panik, dia lebih baik punya teman diskusi atau Penasehat, sehingga dia terhindar dari membuat keputusan gegabah dan fatal. Disinilah sebenarnya pentingnya seorang Penasehat. Sebenarnya pelaku transaksi/pemilik modal itu ibaratnya seorang Raja atau seorang Jendral dan Modal transaksinya ibarat prajurit-prajurit yang dimiliki. Ketika anda menguasai strategi masuk pasar (menyerang) dan juga strategi mengelola resiko (bertahan), anda memang bisa transaksi tanpa didampingi seorang penasehat. Tapi ketika anda mengalami keragu-raguan mengenai strategi yang akan anda gunakan, akan lebih baik jika anda meminta saran/masukan dari Penasehat anda. Dan percayalah cepat atau lambat anda pasti akan mengalami situasi rumit dan saat itu Penasehat anda lah yang bisa mengurangi kerumitan itu.


Bagaimana ciri-ciri Penasehat yang baik itu?
  1. Dia harus menguasai strategi masuk market. Artinya dia punya dasar yang bagus baik itu dari berita-berita dunia maupun dari hasil analisa teknikal (grafik/chart). Cara menge-test-nya, ajukan saja pertanyaan-pertanyaan tentang teknik apa yang dia pakai, apa kelebihan dan kelemahannya? Jika penjelasannya bagus, bisa dilanjut untuk test berikutnya. Paling tidak dia memiliki kemampuan dasar trading
  2. Dia harus benar-benar menguasai pengelolaan resiko dalam trading “futures”. Suruh saja dia menjelaskan apa saja “risk management” yang bisa dipakai? Apa syarat-syarat memakai “risk management” itu? Apa kelebihan dan kelemahan strategi “risk management” itu? Jika penjelasannya bagus dan masuk akal, bisa dilanjut ke tahap berikutnya. sebelum anda menge_test nya, minimal anda sudah mengetahui sedikit tentang risk management trading
     
  3. Anda harus mengenal dengan baik wawasannya tentang bidang ini dan pengalamannya di bidang ini. 
     
  4. Dan yang paling penting pastikan bahwa dia bukan orang yang gampang panik dan gampang terpancing emosinya. Cara test nya terserah anda. Ini adalah kualitas terpenting seorang Penasehat. Hampir semua buku-buku strategi menekankan pentingnya “SELALU TENANG DALAM SITUASI SEPARAH APAPUN”.
  5. Anda harus bisa merasa cocok atau ada kedekatan secara emosional sehingga diskusi akan selalu nyambung dan menghasilkan keputusan-keputusan yang tidak gegabah.


Bagaimana cara mendapatkan penasehat seperti tersebut di atas?

Tidak ada jalan lain kecuali anda mencari dan menyeleksinya sendiri. Di Indonesia sendiri ada banyak perusahaan pialang/fasilitator. Dan mereka punya banyak pegawai yang biasanya menawarkan diri menjadi konsultan anda. Anda harus bisa menyeleksi dengan baik siapa yang menurut anda cocok menjadi konsultan anda.
Mungkin untuk postingan kali ini cukup sekian saja. Saya harap anda yang berencana melakukan transaksi futures, bisa mendapatkan Penasehat yang tepat agar tujuan anda dalam transaksi futures bisa tercapai. Btw saya juga bisa jadi konsultan kok....... silahkan hubungi saya jika mau sekedar diskusi, di liangtedzzhuge@gmail.com (sekalian promosi, itupun kalau anda percaya, hehehehe........) sukses selalu buat anda...!!!

Link terkait pengetahuan trading:

1, Logika Dalam Analisa Fundamental (Analisa Berita)

2. Dasar-dasar Analisa Fundamental dan Teknikal dalam Trading

3. Mengoptimalkan Strategi Trading berdasarkan Besarnya Modal

4, Strategi Management Resiko "SWITCH" untuk Membalik Kerugian Menjadi Untung

5, Menggunakan Strategi "AVERAGE" Secara Efektif dalam Trading

6, Strategi Management Resiko "HOLD" yang Benar dalam Trading

7, Prosedur yang Legal dalam Trading Futures sesuai Aturan Pemerintah

2 comments:

  1. Ulasan yg menarik... sepertinya anda ini seorang konsultan trading futures ya

    ReplyDelete
  2. ya... anda benar. penulis sepertinya memang seorang konsultan trading futures..... hehehe.....

    ReplyDelete