Tuesday, February 18, 2014

Seni dan Strategi Trading Futures: Risk Management


Pengelolaan Resiko dalam Trading “Futures”
Mungkin anda semua sudah banyak tahu kelebihan dan keuntungan yang bisa diperoleh melalui trading “futures”, karena mungkin sebagian besar pernah mendapat informasinya entah itu dari kenalan, teman dekat, seminar, ataupun dari karyawan perusahaan pialang.
Biasanya mereka akan menunjukkan keuntungan-keuntungannya beserta strategi-strategi untuk mendapatkan keuntungan yang besar dari trading ini. Hal ini tentu sangat baik sekali karena bisa menambah pengetahuan dan keyakinan bahwa trading “futures” itu sebenar tidaklah sesulit yang dibayangkan. Namun ada kesalahan fatal yang sering terjadi yaitu: seseorang baru tahu kemudahannya saja dan baru tahu beberapa analisa, sudah percaya diri untuk masuk market. Padahal sebelum memutuskan masuk market, selain memahami keuntungan-keuntungannya, kita juga harus memahami resiko beserta pengelolaan resikonya.
Mengapa pengelolaan resiko (risk management) sangat penting???
Karena kita harus tahu bahwa sampai saat ini belum ada analisa yang keakuratannya mencapai 100%. Artinya sebagus apapun analisa yang kita punya, sebagus apapun strategi yang kita gunakan, suatu saat cepat atau lambat pasti akan mengalami “kegagalan/meleset”. Nah pada saat kita mengalami “prediksi meleset” inilah kemampuan pengelolaan resiko sangat dibutuhkan. Jika kita tidak memahami pengelolaan resiko dalam perdagangan ini, maka kerugianlah yang akan kita alami.
Baiklah, langsung saja kita mulai kira-kira hal-hal apa saja yang harus kita ketahui tentang pengelolaan resiko dalam trading “futures”.

#Kapan kita melakukan pengelolaan resiko?
Jawab: ketika kita mengalami prediksi meleset. Misal ketika harga gold di 1320, kita yakin harga akan naik sehingga kita beli 1 unit. Kenyataannya harga malah turun ke 1312. Saat inilah waktunya kita mulai langkah mengelola resiko.

#Apa langkah pertama yang harus kita lakukan saat itu?
Jawab: kita langsung melakukan analisa lagi. Kira-kira harga akan kemana? Hasil analisa Cuma ada dua saja. Ya, Cuma ada dua;
  1. Yakin, entah itu yakin naik atau yakin turun
  2. Ragu-ragu
#1.1 Apa yang harus kita lakukan jika kita “yakin” harga akan naik?
Jawab:
  1. Jika equity (modal ) kita terbatas/pas-pas-an, kita lakukan “HOLD”. Yaitu membiarkan posisi beli (buy) kita yang 1 unit sampai harga balik naik, misal naik ke 1322. Baru kalau harganya sudah naik diatas 1320, kita jual “kontrak-beli” yang di 1320.
  2. Jika equity (modal) banyak/berlebih, kita lakukan “AVERAGE”. Yaitu kita beli lagi (misal 2 unit) di harga 1312. Jadi jumlah total “kontrak-beli” kita sekarang ada tiga (1 unit di 1320; 2 unit di 1312). Jika harga naik di harga “average/rata-rata” ketiga “kontrak-beli” kita yaitu di 1314.67, maka nilai kerugian kita = 0. Jika harga naik di atas 1314.67, total nilai ketiga “kontrak-beli” kita pasti untung. Semakin harga naik diatas 1314.67, total keuntungan semakin besar.
#1.2 Apa yang harus kita lakukan jika kita “yakin” harga akan turun?
Jawab: kita bisa melakukan “SWITCH”. Yaitu mengambil kontrak yang berlawanan yang jumlah unitnya lebih banyak. Jadi ketika harga turun ke 1312, kita ambil “kontrak-jual” sebanyak 2 unit. 1 unit untuk membatasi kerugian, 1 unit lagi untuk mengambil untung saat harga turun. Jadi misal ketika harga turun sampai 1300: “kontrak-beli” 1 unit di 1320 mengalami kerugian 20 poin, tapi “kontrak-jual” 2 unit di 1312 mengalami keuntungan (2 x 12) poin = 24 poin. Jadi kalau ditotal kita masih untung 4 poin.

#2. Apa yang harus kita lakukan jika kita ragu-ragu atau tidak yakin harga mau naik/turun?
Jawab: Langsung kita lakukan “LOCK”. Yaitu mengambil “kontrak” yang berlawanan dengan posisi kontrak semula dengan jumlah unit yang sama. Karena tadi kita ambil “kontrak-beli” 1 unit di 1320, maka sekarang untuk mengamankannya kita ambil “kontrak-sell” 1 unit di 1312. Tujuan melakukan “lock” adalah untuk cari aman dulu, karena dengan posisi “lock” besar equity/modal kita tidak akan berubah karena kenaikan/penurunan harga market. Sedang untuk penyelesaian “lock” bisa klik pengetahuan dasar trading futures

sekian ulasan saya kali ini..... semoga bermanfaat. Klo mau info lebih jelas, bisa kirim email ke: liangtedzzhuge@gmail.com 

2 comments:

  1. Bagaimana cara menyelesaikan full locking di sell 2 unit masing-masing di 1230 dan 1260 dan di buy 2 unit masing-masing di 1220 dan 1210, equity 5 poin saja ? Trims

    ReplyDelete
  2. itu harga gold ya? 2 pair dengan ketahanan 5 poin tidak akan bisa diselesaikan tanpa menambah ketahanan dana. karena begitu dibuka 1 lock saja, kemungkinan besar akan langsung kena autoliquidation, karena range normal harian emas kisaran 20-30 poin. begitu bapak.......

    ReplyDelete