Saturday, February 15, 2014

Seni dan Strategi Transaksi / Trading: Pengetahuan Dasar Bagi yang Mau Trading "Futures"

Seni dan Strategi Dasar

Ini adalah beberapa tips bagi yang mau melakukan trading futures. Ada beberapa seni dan strategi khusus yang harus diketahui sebagai pengetahuan dasar.
Sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi kontrak berjangka atau trading futures, sebaiknya kita mengetahui dan memahami seperti apa trading futures yang sebenarnya. Kita harus menguasai seni dan strategi melakukan trading futures. Hal paling dasar yang harus diketahui dalam trading futures adalah peluang sekaligus resiko yang bisa terjadi.
Disini kita akan membahas sekilas tentang peluang dan resiko yang bisa terjadi dalam trading futures. Kenapa kita harus tahu tahu peluang sekaligus resiko dalam trading futures ini? Jawabannya adalah: agar kita bisa objektif melihat “trading futures” ini sehingga kita bisa memutuskan dengan bijaksana untuk melakukan/tidak melakukan trading futures ini.
Ada empat pertanyaan umum yang berkaitan dengan trading futures dan kita harus mengetahui jawaban dari ke-empat pertanyaan itu jika kita mau mendalami dunia trading futures.
  1. Mengapa banyak orang yang melakukan trading futures? Jawab: karena mereka punya modal dan mengetahui peluang untungnya.
  2. Mengapa banyak orang tidak mau melakukan trading futures? Jawab: karena mereka tidak punya modal, atau karena mereka punya modal tapi hanya melihat resikonya saja sehingga mengabaikan peluang untungnya. Hal ini terjadi karena mereka belum benar-benar tahu dan tidak mau tahu tentang trading futures.
  3. Mengapa banyak orang yang rugi dalam trading futures? Jawab: karena mereka hanya mengetahui peluang untungnya saja, sedangkan resikonya hanya tahu sedikit. Hal ini terjadi karena porsi pemahaman resiko dan managemen resikonya sangat minim.
  4. Mengapa banyak orang yang berhasil dan mendapat banyak profit dalam trading futures ini? Jawab: karena mereka memahami peluang untung sekaligus resikonya dengan sangat baik. Jadi mereka mengetahui benar bagaimana peluang untungnya dan bagaimana cara mendapat peluang untung tersebut. Sekaligus tahu benar bagaimana resiko dan pengelolaan resikonya (risk management).
Setelah kita mengetahui empat hal tersebut di atas, maka kita akan membahas peluang dan resiko yang ada dalam trading futures.


#Keuntungan yang bisa kita dapatkan dalam trading futures antara lain:
  1. Dalam satu bulan kita bisa memperoleh keuntungan : > 10% , >20% , >30% , atau bahkan lebih dari 50%. Hal ini tergantung dari strategi transaksi (harian atau jangka panjang), besarnya modal, kondisi market saat itu (dalam tren naik, tren turun, sideways).
  2. Lebih mudah dalam transaksinya karena bisa dilakukan dimana saja selama market buka dan ada fasilitas internet.
  3. Kita bebas menentukan sampai berapa lama kita melakukan transaksi, mau 1 minggu, 2 minggu, 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, atau mau bertahun-tahun juga tidak apa-apa. Kapanpun mau menarik dana, entah itu menarik untungnya saja, sebagian modal, ataupun menarik semua modal, bisa dilakukan kapanpun sesuai keinginan kita. Dan tentu saja masih ada beberapa keuntungan lainnya yang belum saya sebutkan di sini.

#Resiko yang mungkin bisa terjadi dalam trading futures. 
 
Pada dasarnya resiko yang terjadi dalam perdagangan ini Cuma ada dua. (1) Resiko uang kita dibawa lari perusahaan fasilitator/pialang, dan (2) Resiko modal kita berkurang karena pergerakan harga market (disebut resiko dagang. Misal: kita beli barang diharga Rp 10.000.000,- ternyata kemudian harga pasaran turun di Rp 8.500.000,- . jika diharga tersebut kita menjual barang kita, maka kita akan mengalami kerugian dagang sebesar Rp 1.500.000,-).
Lalu bagaimana kita bisa menghindari resiko-resiko tersebut? Untuk resiko uang kita dibawa lari perusahaan fasilitator/pialang, bisa kita hindari dengan cara mengikuti prosedur yang benar dan legal sesuai peraturan Pemerintah. Sedang untuk resiko dagang kita tidak mungkin menghindari, tapi bisa kita minimalisir sampai sekecil-kecilnya. Kenapa resiko dagang tidak bisa dihindari? Karena yang namanya perdagangan (apapun itu dan dimanapun itu) kalau kita melakukan pembelian, maka Cuma ada dua kemungkinan: (1) harga bisa naik atau (2) harga bisa turun. Tapi tentu saja kita bisa berusaha memakai suatu strategi tertentu agar peluang untung kita menjadi jauh lebih besar dibanding peluang merugi kita.


CARA MENGHINDARI RESIKO UANG DIBAWA LARI PERUSAHAAN FASILITATOR
  1. Ketahui bagaimana sistem dan aturan perdagangan berjangka komoditi melalui website Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi yang mengawasi dan mengatur sistem perdagangan berjangka dan komoditi di Indonesia. Alamatnya di www.bappebti.go.id

  2. Jika ada perusahaan yang menawari untuk melakukan trading futures, cek apakah dia sudah mempunyai izin dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi, dan apakah perusahaan tersebut terdaftar sebagai anggota Bursa Berjangka Jakarta (Jakarta Futures Exchange) dan anggota Lembaga Kliring Berjangka Indonesia (Indonesian Derivatives Clearing House). Untuk izin Bappebti, bisa di cek melalui www.bappebti.go.id -> pelaku pasar -> pialang berjangka,” lalu cari apakah perusahaan tersebut terdaftar di situ apa tidak”. 
     
  3. Usahakan mendapat informasi trading futures ini langsung dari orang yang berkompeten di bidang ini, yaitu orang yang sudah mendapat lisensi dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi. Orang yang ber-lisensi ini disebut sebagai Wakil Pialang Berjangka (WPB). Setiap Perusahaan pialang harus mempunyai WPB (ada yang jumlahnya sedikit, ada juga yang jumlahnya banyak. Biasanya Perusahaan Pialang besar memiliki banyak WPB) yang bertugas menjelaskan dan menawarkan transaksi di bidang perdagangan berjangka komoditi. Untuk izin WPB bisa di cek melalui www.bappebti.go.id -> pelaku pasar -> wakil pialang berjangka -> “ketikkan namanya di kolom yang tersedia” -> cari. Jika yang menawari bukan WPB, lebih baik minta agar anda dipertemukan langsung dengan WPB dari perusahaannya.

  4. Ketahui rekening terpisah (segregated account) tempat modal dagang anda nantinya pada Bank- bank yang sudah di setujui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi. Modal dagang anda yang berada di “rekening terpisah” akan dijamin 100% oleh Lembaga Kliring Berjangka Indonesia dan tidak akan bisa dikelola oleh perusahaan pialang. Anda sendirilah yang bisa memutuskan bagaimana dana anda akan dikelola nantinya. Bahkan jika perusahaan pialang pailit pun, dana anda tidak akan bisa dipakai oleh perusahaan pialang. Peringatan Keras!!! Jangan pernah anda menaruh dana anda diluar rekening terpisah yang sudah disetujui Bappebti. Karena dana yg diluar “rekening terpisah” biasanya berada sebagai aset perusahaan pialang dan bisa dikelola perusahaan pialang, atau bisa juga dibawa lari. Untuk “rekening terpisah” bisa di cek melalui www.bappebti.go.id -> pelaku pasar -> rekening terpisah -> “silahkan dicari nama perusahaan pialangnya beserta rekening terpisahnya”. Sedangkan untuk informasi bahwa dana anda benar-benar aman di rekening terpisah, silahkan cek Undang-undang perdagangan berjangka komoditi yaitu UU no.32 tahun 1997 pasal 51 ayat 1 sampai 6 www.bappebti.go.id -> peraturan -> undang-undang -> bab VII pelaksanaan..... -> pasal 51

  5. Ketahui prosedur yang benar untuk membuka rekening agar bisa bertransaksi kontrak berjangka (trading futures) secara aman: (1) hubungi Wakil Pialang Berjangka yang anda kenal, nanti anda akan jelaskan aplikasi pembukaan rekening, dokumen pemberitahuan adanya resiko, dokumen perjanjian pemberian amanat, dan istilah-istilah dalam perdagangan berjangka. -> (2) setelah anda sudah jelas semuanya, anda tanda tangan dan paraf buku perjanjian beserta dokumen kelengkapannya. Buku perjanjian ada dua, dimana yang satu nanti anda pegang, satunya lagi dipegang perusahaan pialang -> (3) anda bisa transfer modal anda ke rekening terpisah perusahaan pialang tersebut. -> (4) anda menerima satu buku perjanjian. -> (5) anda akan dikonfirmasi oleh perusahaan pialang dan anda diberi user ID beserta password untuk “rekening transaksi” anda. -> (6) “rekening transaksi” anda diaktifkan dan anda bisa mulai transaksi.
Jadi asal anda mengikuti prosedur yang benar seperti di atas dan anda memastikan bahwa dana anda sudah tersimpan di rekening terpisah pada bank yang disetujui Bappebti, maka uang anda tidak akan bisa dibawa lari perusahaan pialang.


CARA ME-MINIMAL-KAN RESIKO DAGANG dalam TRADING FUTURES
  1. Anda harus punya cara atau strategi untuk masuk pasar. Dimana cara tersebut sudah terbukti keakuratnnya. Minimal anda harus menguasai dua analisa dasar, yaitu (1)analisa berita (berita ekonomi dan politik dunia), (2)analisa teknikal (biasanya berupa grafik dan indikator). Dua indikator yang saya sarankan untuk dijadikan acuan trading adalah stochastic oschilator dan MACD. Sedang sumber berita yang saya sarankan adalah www.bloomberg.com dan www.reuters.com   -Untuk pengetahuan ini, sudah banyak buku-buku yang membahasnya. Atau nanti bisa hubungi penulis langsung melalui email untuk mengetahui bagaimana cara membaca dan memakai indikator-indikator tersebut secara efektif.

  2. Anda harus menguasai dengan baik pengelolaan resiko (risk management). Pengetahuan ini akan sangat berguna saat anda mengalami prediksi meleset, sehingga resiko bisa anda minimalkan sekecil mungkin. Bahkan dengan menguasai pengelolaan resiko, anda bisa membalik kerugian menjadi keuntungan. Untuk pengetahuan ini akan saya bahas di ulasan tersendiri karena bahasannya akan banyak. Hehehehehe.....

  3. Jika anda tidak memiliki waktu untuk mempelajari kedua hal di atas, anda harus memiliki penasehat yang memiliki pengetahuan cukup bagus mengenai kedua hal di atas. Dan salah satu penasehat yang bisa anda pakai adalah saya “Pak’Lek Zhuge”... hehehehehe.....
Demikianlah pengetahuan dasar yang harus diketahui sebelum memutuskan melakukan trading futures. Semoga tulisan di atas bisa menjadi tambahan pengetahuan bagi yang membaca. Untuk diskusi lebih lanjut bisa hubungi liangtedzzhuge@gmail.com. Terima kasih.......

No comments:

Post a Comment