Friday, March 21, 2014

Seni dan Strategi Trading : Management Resiko SWITCH

RISK MANAGEMENT (Lanjutan) SWITCH

Risk management / pengelolaan resiko “SWITCH” adalah salah satu strategi dalam trading futures yang bertujuan untuk membalik “keadaan”. “Keadaan” yang dimaksud adalah jika posisi awal “kontrak berjangka” kita adalah posisi “kontrak beli / buy”, maka kita ubah/ switch sehingga “kontrak berjangka” kita menjadi posisi “kontrak jual / sell”.
Risk management SWITCH kita lakukan jika prediksi awal meleset dan dari hasil analisa kedua, KITA YAKIN harga market akan terus bergerak berlawanan dengan posisi “kontrak” awal kita. Misal, kita sudah mengambil “kontrak beli” kemudian ternyata harga turun, dan hasil analisa kedua kita menyatakan kalau harga akan terus turun......, maka saat itulah kita melakukan risk management SWITCH. Tapi jika dari hasil analisa kedua KITA YAKIN harga akan berbalik lagi untuk naik/turun dan kita punya modal besar/lebih, maka kita bisa melakukan management resiko average .

Strategi trading dengan risk management switch, secara garis besar ada dua cara:
  1. Strategi switch dengan locking.
  2. Strategi switch dengan cut loss / lepas rugi terlebih dahulu.

#1-Strategi Switch dengan Locking
Strategi ini kita lakukan dengan cara mengambil “kontrak baru” yang berlawanan dengan “kontrak pertama”, yang jumlah unitnya lebih banyak daripada jumlah unit “kontrak pertama”. Misalnya ketika kita trading gold. jika kita sudah mengambil “kontrak beli” 1 unit di harga 1330, lalu ternyata harga turun ke 1324 dan kita yakin kalau harga akan terus turun dengan kuat karena suatu berita ekonomi tertentu, maka kita melakukan switch dengan cara mengambil “kontrak jual baru” sebanyak 2 unit.
kontrak jual” yang 1 unit untuk locking “kontrak beli” kita, sedang “kontrak jual” yang 1 unit lagi untuk cari keuntungan karena kita yakin harga akan kuat turun.

Mekanisme dari strategi switch ini adalah sebagai berikut:

(1)Di harga 1330 kita ambil “kontrak beli” 1 unit, karena yakin harga akan naik.

(ternyata harga malah bergerak turun ke 1324)

(2)Di harga 1324 kita menganalisa lagi, ternyata dari hasil analisanya kita yakin harga akan kuat turun.

(3)Di harga 1327 kita melakukan “switch” dengan cara mengambil “kontrak jual baru” sebanyak 2 unit. “kontrak sell” yang 1 unit untuk locking “kontrak beli” kita, sedang “kontrak sell” yang 1 unit lagi untuk ambil untung.

jika harga turun 6 poin dari harga 1324 (6 poin adalah jarak locking dari 1330 – 1324), atau harga turun ke 1318, lalu semua posisi “kontrak” kita (yang terdiri dari 1 unit “kontrak beli” ditambah 2 unit “kontrak jual”) dilepas maka kita tidak akan untung atau rugi. Tapi jika kita melepas semua “kontrak” di bawah 1318, misal di lepas di harga 1316 maka kita masih untung 2 poin. Atau dengan kata lain, semakin harga turun dibawah 1318 maka keuntungan kita semakin besar.

#2-Strategi Switch dengan Cut Loss / Lepas Rugi Terlebih Dahulu

Beda teknik ini dengan teknik yang pertama adalah, sebelum kita mengubah posisi kita dari memiliki “kontrak beli” menjadi “kontrak jual”, kita melakukan cut loss / lepas rugi “kontrak beli” terlebih dahulu, baru kemudian kita mengambil “kontrak jual”.

Mekanisme dari strategi switch yang kedua ini adalah;

(1)Di harga 1330 kita ambil “kontrak beli” 1 unit, karena yakin harga akan naik.

(ternyata harga malah turun ke 1324)

(2)Di harga 1324, kita melakukan analisa kedua. Dan hasilnya kita yakin kalau harga akan terus turun dengan kuat.

(3)Di harga 1324, kita melepas rugi / cut loss “kontrak beli” kita yang 1unit di harga 1330. Jadi kita sudah mengalami kerugian atau -6 poin.

(4)Di saat yang sama di harga 1324, kita juga ambil “kontrak jual baru” untuk mendapat untung dari penurunan harga.

Ketika harga turun 6 poin dari 1324, yaitu turun ke 1318, “kontrak sell” kita yang 1 unit di harga 1324 kita lepas maka keuntungan kita adalah 6 poin. jadi kita tidak untung dan tidak rugi karena tadi rugi awal kita juga 6 poin.

Tapi jika kita lepas “kontrak jual” kita dibawah harga 1318, misal dilepas di harga 1316 maka keuntungan “kontrak jual” kita adalah 8 poin. Jadi kalau ditotal dengan kerugian awal kita yang 6 poin tadi, kita masih untung 2 poin.


#Catatan tentang cut loss / lepas rugi

Cut loss atau lepas rugi adalah salah satu ‘risk management’ yang paling tidak saya sarankan, kecuali anda sudah di level pengalaman dan memiliki pengendalian emosi/mental yang sangat bagus.

Cut loss / lepas rugi sebaiknya dilakukan sebagai strategi trading terakhir, ketika strategi trading lainnya memang sudah tidak menguntungkan untuk dilakukan. Kalau di bidang kedokteran, cut loss /lepas rugi sama saja dengan ‘amputasi’. Jadi harus dengan pertimbangan yang matang.

Dasar dilakukan cut loss adalah sama dengan locking, yaitu ketika ragu-ragu. Dalam trading futures, menyelesaikan masalah dengan cut loss memang mengeluarkan komisi yang lebih kecil dibanding locking. Karena dengan cut loss, anda hanya mengeluarkan biasa komisi sekali. Kalau anda melakukan locking, pada saat melepas, anda mengeluarkan biaya komisi dua kali. 
 
Dengan cut loss, maka posisi menjadi sederhana dan tidak memiliki posisi lagi dipasar. Kalau kita melakukan locking, kita masih harus berpikir cara/strategi penyelesaiannya dan ini kadang-kadang dianggap ribet oleh sebagian orang. Tapi percayalah, kalau anda terlalu sering melakukan cut loss dengan alasan lebih simple dan tidak perlu memikirkan belakangnya,..... anda sebenarnya sudah membiasakan diri untuk berputus asa. Dan mental trading ini akan membuat anda tidak bisa berkembang secara optimal. Tapi jika anda terbiasa memikirkan banyak alternatif seperti halnya locking, memang di awal akan terasa ribet. Namun lama-lama mental anda akan terlatih untuk mengatasi setiap masalah secara cerdas. Dan pada akhirnya anda akan benar-benar memahami kapan anda harus melakukan “cut loss”.

Untuk masalah locking dan cut loss memang ada banyak berbagai pendapat. Semua terserah anda yang mau menjalaninya. Tapi sekali lagi pesan saya, mental selalu melakukan cut loss hanya akan mematikan kreatifitas anda dalam mengembangkan kemampuan trading anda....... ehmmm.....

1 comment:

  1. How to Play Baccarat - Urban Dictionary
    What 더킹카지노 is the term 'Baccarat'? 카지노사이트 There is no official word for this term and the abbreviation 바카라 "Baccarat" comes from the popular French baccarat game,

    ReplyDelete