Friday, March 28, 2014

SENI DAN STRATEGI TRADING : Cara meminimalkan resiko trading dengan kekuatan modal

Kekuatan / Ketahanan Modal

Dalam seni dan strategi trading futures, pengetahuan tentang ketahahanan/ kekuatan modal sangatlah penting. Karena dengan memahami kekuatan modal, kita bisa mengukur resiko yang mungkin terjadi pada modal trading kita. Dengan mengetahui kekuatan modal, kita bisa menentukan strategi yang terbaik dan paling aman. Dengan mengetahui kekuatan modal, kita bisa menghindari melakukan strategi yang beresiko besar.

Mengapa banyak orang yang mengalami kerugian dalam trading/transaksi futures???
Salah satu alasan yang menyebabkan banyak orang mengalami kerugian dalam bisnis ini adalah karena mereka tidak memahami secara tepat apa itu “kekuatan/ ketahanan modal, sehingga tanpa disadari mereka melakukan strategi trading yang beresiko tinggi.Sedang cara lainnya untuk meminimkan resiko adalah dengan menguasai management resiko trading futures. untuk pengetahuan tentang management resiko trading futures, silahkan klik Risk management trading

Katanya di bisnis trading futures ini semakin besar modal kita, maka semakin kecil resiko kita. Apa benar demikian???
jawab:
Benar sekali, ASALKAN kita memahami dengan benar apa itu kekuatan/ketahanan modal. Jika kita tidak memahami “kekuatan/ketahanan modal”, seberapa besarpun modal kita, kita bisa saja tanpa sadar melakukan strategi yang beresiko tinggi.

Sebenarnya apa sih “kekuatan modal” itu? 
jawab:
Secara sederhana “kekuatan modal” adalah seberapa besar atau berapa poin modal kita mampu bertahan jika harga bergerak melawan prediksi kita setelah kita mengambil posisi (misal mengambil posisi kontrak buy atau kontrak sell).

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Secara garis besar, kekuatan modal / berapa poin kekuatan modal kita, bisa dihitung dengan cara berikut:

Kekuatan Modal (dalam poin) = (equity – biaya jaminan) / (jumlah open posisi x contract size)

#Tiap produk biasanya memiiki contract size yang berbeda. Dalam trading gold (XUL) contract size nya 100 troy ounce. Dalam trading indeks Hangseng Hongkong (HKK) contract size nya USD $5. Dalam trading indeks Nikkei Jepang (JPK) contract size nya USD $5.

#Jumlah open posisi adalah total jumlah posisi kontrak beli/jual yang belum terlepas/liquid dan tidak berpasangan. 1 pasang adalah 1 kontrak beli + 1 kontrak jual.

#Biaya jaminan / margin requirement ada dua jenis, yaitu biaya jaminan harian/day trade dan biaya jaminan menginap / overnight. Untuk biaya jaminan harian/day trade besarnya USD $1000, dan untuk biaya jaminan overnight besarnya USD $2000.

Catatan:
penjelasan tersebut untuk account regular sesuai dalam aturan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi, BUKAN mini account. Saya tidak menyarankan untuk trading account mini, apalagi dengan alasan untuk belajar. Karena dari pengalaman beberapa klien saya yang pernah trading account mini, pola pikir trading mereka sangat “kacau”. Dengan bahasa kasarnya, account mini tidaklah bagus untuk perkembangan “mental trading” seseorang, karena sering kali membuat para trader meremehkan kekuatan modal dan melakukan strategi yang beresiko tinggi (waktu saya tanya alasannya, hampir semua menjawab “kalaupun rugi, kan ruginya sedikit”). Mereka yang trading account mini juga cenderung menganggap trading mereka adalah sebuah permainan. Mereka dengan mudahnya melakukan cut loss/ lepas rugi dengan alasan tidak mau ribet. Hal inilah yang akan membuat mental trading mereka tidak kreatif dan tidak berkembang. Ehmmm……., itu adalah pendapat saya pribadi tentang account mini. Kalau ada yang merasa tersinggung atau tidak setuju, silahkan protes melalui comment anda. Tenang aja, ini blog demokratis kok…… hehehe……


Contoh menghitung kekuatan modal dalam trading gold (XUL…)

  1. Modal/equity $10.000, ambil kontrak buy 1 unit di harga 1320

#Berapa poin kekuatan modal kita??

Jawab:
(equity – biaya jaminan 1 unit) / (jumlah open posisi x contract size)
= ($10.000 - $1000) / (1 x 100 toz)
= $9000 / 100 toz
= $90/toz atau 90 poin

Jadi modal kita bisa menahan posisi kontrak beli kita hingga harga turun 90 poin dari harga 1320, atau bisa menahan sampai harga turun di 1230.

#Lalu bagaimana jika harga turun lebih dari 90 poin atau turun sampai dibawah harga 1230 ??
Jawab:
maka kita akan kena call margin atau pemberitahuan agar kita segera menambah dana karena modal kita akan tidak mencukupi untuk mempertahankan posisi kontrak beli kita.

#Apa yang terjadi jika kita mendapat call margin, tapi kita tidak segera menambah dana??
Jawab:
Jika kita tidak menambah dana dan harga terus turun, kita bisa kena autoliquidation atau kontrak beli kita dilepas rugi by system karena modal kita sudah tidak mencukupi untuk mempertahankan kontrak beli kita yang di 1320. Dengan kata lain minus/penurunan nilai kontrak beli kita sudah sangat besar.

#Dan pertanyaan terpenting tentang kekuatan modal adalah: apakah dengan kekuatan modal sebesar 90 poin-an tersebut, kita beresiko kena call margin??
Jawab:
Range normal harian gold atau naik turunnya harga emas dalam sehari biasanya di kisaran 20 – 30 poin-an. Dengan kata lain, jika kekuatan modal kita 90 poin atau masih jauh di atas 30 poin, maka trading kita masih relative aman. Jadi resiko kita kena call margin sangat kecil dalam waktu dekat.

  1. Modal /equity $10.000, ambil kontrak buy 3 unit di harga 1320

#Berapa poin kekuatan modal kita??

Jawab:
(equity – biaya jaminan 3 unit) / (jumlah open posisi x contract size)
= ($10.000 - $3000) / (3 x 100 toz)
= $7000 / 300 toz
= $23,33/toz atau 23,33 poin

#Apakah aman jika kekuatan modal kita sekitar 23 poin-an??
Jawab:
Jelas tidak aman karena range normal harian emas adalah di kisaran 30 poin-an. Jadi kemungkinan harga turun 23 poin (turun ke harga 1297) sangat besar, sehingga resiko kena call margin juga sangat besar.

  1. Modal $50.000, ambil kontrak buy 3 unit di harga 1320

#Berapa poin kekuatan modal kita??

Jawab:
(equity – biaya jaminan 3 unit) / (jumlah open posisi x contract size)
= ($50.000 - $3000) / (3 x 100 toz)
= $47.000 / 300 toz
= $156,67/toz atau 156,67 poin.

#Apakah aman jika kekuatan modal kita 156 poin-an??
Jawab:
Sangat-sangat aman. Karena kekuatan modal kita jauh diatas range normal harian emas, jadi kemungkinan kena call margin sangatlah kecil.

Jadi dari sini bisa kita simpulkan:
  1. Semakin besar modal, resiko kita menjadi semakin kecil dengan mengambil jumlah unit yang sama.
  2. Semakin kecil jumlah unit yang kita ambil, resiko kita menjadi semakin kecil dengan jumlah modal yang sama.
  3. Jika kekuatan modal kita dibawah range normal harian market, maka resiko kita kena call margin sangat besar. Kalau di gold (XUL) range nya kisaran 30 poin-an, kalau di hangseng (HKK) range nya kisaran 400 poin-an, kalau di Nikkei (JPK) range nya kisaran 200 poin-an.

Demikianlah sekilas tentang kekuatan modal. Pengetahuan tentang kekuatan modal harus kita kuasai karena hal ini merupakan salah satu pengetahuan penting untuk meminimalkan resiko trading, selain dua pengetahuan lainnya yaitu tentang management resiko dan analisa market. Untuk info lebih lanjut, bisa hubungi penulis via email: liangtedzzhuge@gmail.com

No comments:

Post a Comment